by

Cara Budidaya Jamur Tiram Putih: Penanaman Dan Perawatan

cara budidaya jamur tiramCara budidaya jamur tiram putih untuk menanam bibit, lakukan di dalam ruangan yang tertutup. Semprotlah isi ruang menggunakan alkohol 95%. Agar mudah menanam bibit, simpan media di dekat tangan kiri di depan. Sedangkan bibit disimpan di dekat tangan kanan di depan. Letakkan lampu spiritus antara media dengan bibit. Bukalah karet pengikat, kertas penutup, dan kapas. Masukkanlah bibit sebanyak 3 sendok  makan pada satu log. Setiap sendok akan dipakai, panaskan menggunakan api lampu spiritus. Jika Media telah selesai ditanami bibit, tutup lagi menggunakan kapas. Menanam bibit harus cepat dan teliti. Simpan media di atas rak, lalu biarkan hingga semua media terisi miselium.

Cara Budidaya Jamur Tiram Putih: Penanaman Dan Perawatan

Cara budidaya jamur tiram selanjutnya, jika semua log telah ditumbuhi miselium, tutuplah menggunakan kapas dan cincin. Buka bagian atas dari log itu. Semprotkan air dengan sprayer untuk menjaga kelembapan lingkungan. Jika tubuh buah mekar, maka bisa mulai dipanen. Lakukanlah perawatan agar hama dan penyakit tidak menyerang jamur Anda. Hama dan penyakit dapat muncul karena kondisi lingkungan atau kondisi jamur Anda.  Salah satu hama yang dapat menyerang jamur Anda adalah ulat. Ulat bisa datang oleh penyebab kelembaban, sisa bonggol, tangkai jamur, atau jamur tidak dipanen. Bisa juga karena tempatnya tidak bersih. Ulat bisa datang saat udara terlalu lembap. Oleh karena itu, ulat banyak ditemui saat musim penghujan. Untuk mencegah ulat, buatlah lubang sirkulasi dan menghentikan penyiraman kumbung.

Ulat juga bisa datang dari kepik yang muncul saat pangkal jamur di baglog tertinggal. Jamur jika tidak dipanen dan menjadi busuk juga dapat menjadi penyebab datangnya ulat. Oleh karena itu, saat panen pastikan baglog bersih tidak ada yang tertinggal. Ulat juga bisa datang jika kumbung tidak bersih. Contohnya  ada tanaman atau kandang ternak di dekat kumbung. Lakukan penyemprotan formalin di lingkungan sekitar kumbung. Demikian cara budidaya jamur tiram untuk pemanenan dan perawatan. Semoga usaha jamur tiram Anda sukses.

Related posts: