by

Cara Pembuatan Sumur Artesis

jasa sumur borPembuatan sumur artesis memiliki pengertian adalah sumur yang memiliki kedalaman melebihi sumur biasa. Sumur artesis memiliki nama lainnya yaitu deep well dalam bahasa inggris yaitu sangat dalam. Maksudnya adalah sumur yang memiliki kedalaman yang tidak pada umumnya. Pengeboran sumur ini diperlukan peralatan yang super canggih, karena membutuhkan peralatan berteknologi tinggi tidak semua jasa pengeboran menyediakan layanan sumur artesis ini. Untuk pengeboran sumur yang biasa tidak perlu menggunakan peralatan yang terlalu canggih, cukup memakai mesin yang biasa – biasa saja sudah bisa untuk mengebor tanah hingga menjadi sumur, biasanya pengeboran sumur biasa ini hanya untuk rumahan, satu atau dua rumah.

Pembuatan Sumur Artesis dan Caranya

Sumur artesis ini biasanya digunakan dengan tujuan dalam skala yang sangat besar, bisa hotel, mall, dan apartemen. Karena kebutuhan tempat – tempat tersebut sangat besar maka dari itu diperlukan pengeboran yang cukup dalam agar bisa menghasilkan sumber air yang banyak pula. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan sumur artesis adalah perlunya persetujuan dari kedua belah pihak dan memahami konsekuensi yang akan didapatkan, karena jasa sumur artesis ini akan memakan biaya yang tak sedikit, melebihi harga pembuatan sumur bor normalnya, angka ratusan juta dinilai pantas disematkan dikarenakan peralatan yang dipakai adalah peralatan berteknologi paling mutakhir dan terbaru. Sumur artesis juga membutuhkan persetujuan dari instansi yang menaungi tanah tersebut.

Peralatan yang dibutuhkan adalah bor berteknologi tinggi yang mampu menggali kedalaman hingga beratus – ratus meter, bahkan harus dipersiapkan bor – bor yang bisa menggali hingga 300 meter dalamnya. Setelah semua peralatan dipersiapkan yang harus dilakukan adalah menentukan titik atau lokasi yang akan dijadikan tempat pengeboran. Langkah awal adalah mulai membuat lubang berdiameter 1.25 m dengan menggunakan linggis, yang tujuannya adalah untuk bisa memasukkan mata bor ke dalam tanah. Setelah itu buat penampungan air sederhana, setelah semua siap, pembuatan sumur artesis sudah bisa dilakukan dengan presisi yang harus diperhatikan.

Related posts: