by

Efek Samping Penggunaan Obat Darah Tinggi

Obat Darah TinggiSetiap obat memiliki efek samping yang berbeda-beda. Obat darah tinggi yang bertujuan menjaga agar tekanan darah tetap di batas normal juga memiliki efek samping. Jarang di temukan kasus efek samping yang berbahaya dari obat yang menurunkan darah tinggi namun bukan berarti tidak layak untuk di waspadai. Anda wajib mengetahui beberapa efek samping atas reaksi obat anti hipertensi.

Apa Saja Efek Samping Dari Mengkonsumsi Obat Darah Tinggi?

Setidaknya terdapat tujuh efek samping yang ditimbulkan jika mengkonsumsi obat darah tinggi. Setiap obat menimbulkan efek samping yang berbeda. Pertama, alergi hal ini karena obat tersebut menyebabkan pembengkakan sehingga menutup saluran udara dan jika hal ini terjadi maka sangat disarankan untuk segera di bawa ke rumah sakit. Kedua, jantung aritmia hal ini karena obat dapat mengurangi kadar kalium dalam tubuh sehingga bisa menyebabkan aritmia. Ketiga disfungsi seksual, ketika seorang laki laki penderita darah tinggi mengkonsumsi obat hipertensi maka berpotensi disfungsi seksual (impotensi). Keempat retensi cairan, terdapat jenis obat hipertensi yang dapat menyebabkan edema atau penumpukan cairan dan akan menyebabkan rasa sakit di kaki dan pembengkakan. Kelima sering kencing terdapat obat yang menyebabkan efek samping sering bolak-balik ke kamar mandi karena ingin buang air kecil, maka banyak sekali dokter untuk menganjurkan obat ini di konsumsi di pagi atau siang hari untuk menurunkan efek sampingnya.

Keenam kelelahan dan pusing, efek samping ini yang paling umum terjadi pada pengidap darah tinggi yang lanjut usia jika mengkonsumsi obat anti hipertensi. Ketujuh batuk, batuk secara terus menerus sering dialami oleh pengguna obat anti hipertensi. Demikian beberapa efek samping yang biasanya dialami oleh pengguna obat darah tinggi yang diresepkan oleh dokter. Ada baiknya untuk mengetahui informasi mengenai efek samping dari penggunaan obat anti hipertensi sehingga Anda tidak terkejut jika mengalami reaksi serupa. Setiap obat menimbulkan efek samping berbeda maka Anda selektif dalam memilih obat untuk menurunkan tekanan darah. Pastinya Anda tidak menginginkan setelah mengkonsumsi obat anti hipertensi bertambah penyakit lainnya.

Related posts: