by

Makanan Berkolesterol Tinggi Yang Perlu Di Cermati

tips kesehatanDi zaman sekarang jumlah penderita penyakit jantung dan struk semakin meningkat. Di Indonesia sendiri menurut WHO jumlah masyarakat dengan kadar kolesterol tinggi mencapai 35%. Hal ini terjadi karena semakin banyak orang yang kurang memperhatikan asupan makanan dan gaya hidup yang tidak seimbang. Terlebih kesibukan beraktivitas membuat kebanyakan orang semakin jarang melakukan olahraga. Kolesterol tinggi sering diderita oleh orang dengan gaya hidup demikian. Ditambah mereka juga kurang begitu mengontrol asupan makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol mereka. Untuk itu beberapa daftar makanan berikut nampaknya perlu dihindari bagi Anda yang memang memiliki riwayat kolesterol tinggi agar tidak semakin memperburuk kondisi kesehatan Anda karena dapat beresiko menderita penyakit jantung dan juga struk.

Sebenarnya kolesterol diperlukan tubuh untuk membantu dalam pembentukan dinding sel dan merupakan pembentuk hormon steroid. Selain itu kolesterol juga diperlukan sebagai sumber energi bagi tubuh. Tubuh manusia sendiri pada dasarnya sudah menghasilkan kolesterol yang disumbangkan dari organ hati sebesar 80 % dengan jumlah kebutuhan kolesterol (High Density Lipoprotein) sekitar 300 mg setiap harinya sesuai dengan AKG. Untuk melengkapinya diperlukan kolesterol dari makanan dan minuman yang manusia konsumsi setiap hari. Kadar kolesterol dalam tubuh manusia tidak boleh melebihi dari jumlah tersebut, karena kadar kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein) jika terus mengendap dan menumpuk dalam tubuh akan berbahaya untuk kesehatan.

Makanan yang berpotensi menimbulkan kadar kolesterol tinggi yang tidak boleh dikonsumsi terlalu sering adalah; kuning telur, jeroan ati, otak sapi, cumi-cumi, kaviar, mentega, kerang udang, makanan cepat saji, lobster, keju, daging olahan, snak, ayam goreng, ice cream dan juga minyak ikan. Demikian daftar makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Cermat dalam mengonsumsi makanan tersebut perlu untuk mencegah penyakit beresiko. Karena banyak dari penderita kolesterol tinggi tidak merasakan gejala dengan jelas atau penderita tidak merasakannya. Tetap sayangi tubuh Anda dengan menjaga kesehatan dan perhatikan asupan makanan Anda setiap harinya serta jangan lupa berolahraga.

Related posts: