by

Menanam Benih Sayuran Di Halaman Rumah

bibit sayuranSiapa sih yang tidak tahu jika sayuran mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh? Semua tentu tahu ada banyak sekali jenis sayuran yang bisa menjadi sumber gizi bagi tubuh manusia. Jika anda rajin pergi ke pasar maupun supermarket tentu dapat menjumpai banyak sayuran, seperti bayam, sawi, kangkung hingga labu siam. Mengapa anda tidak mencoba menanam sendiri di rumah? Jika memiliki halaman atau pekarangan di rumah yang masih memiliki tanah sebagai media tanam, anda bisa menanam sendiri benih sayuran itu di rumah anda. Menyenangkan jika bisa memiliki kebun sayuran sendiri meski itu hanya berada di halaman rumah

Memanfaatkan Pekarangan Untuk Menanam Benih Sayuran

Seperti yang anda ketahui, biasanya sayuran yang di jual di pasar telah melalui proses tanam yang panjang. Saat proses tumbuh sayuran-sayuran itu petani sering kali menggunakan pupuk berbahan kimia, belum lagi penggunaan cairan pembasmi hama dan gulma yang biasanya juga menggandung bahan kimia. Sayang sekali jika tujuan anda untuk hidup sehat terganggu akan hal tersebut. Penggunaan pupuk maupun pembasmi hama dan gulma yang berbahan kimia itu biasanya akan menempel pada sayuran yang nantinya anda konsumsi. Meskipun nantinya anda tentu akan mencucinya agar bersih sebelum dikonsumsi, tetapi tetap saja meninggalkan sisa. Tidak ada salahnya mulai saat ini anda melirik benih sayuran untuk ditanam sendiri di pekarangan rumah anda.

Menanam benih sayuran di halaman rumah sendiri artinya anda bisa tahu bagaimana proses sayuran yang nantinya anda konsumsi tersebut tumbuh. Proses tumbuh sayuran yang diimbangi dengan perawatan yang anda lakukan. Jika menginginkan benih tersebut tumbuh menjadi sayuran organik, maka anda harus menjauhkannya dari perawatan yang bersumber dari apapun berbahan kimia. Sayuran organik memang jauh lebih baik daripada sayuran non organik, karena akan lebih sehat jika dikonsumsi. Perawatan yang bisa dilakukan sama seperti biasanya, menyiram, memberi pupuk, menyiangi dan menjauhkannya dari hama. Karena organik, maka pupuk yang anda gunakan bisa berupa pupuk kompos maupun pupuk kandang.

Related posts: