by

Mengenali Jenis-jenis Mesin Absensi Biometrik

Mengenali Jenis-jenis Mesin Absensi BiometrikMesin absensi biometrik saat ini sering kita jumpai di beberapa kantor, perusahaan, maupun universitas. Penggunaan absensi biometrik ini memang diyakini memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan jenis metode absensi lain baik yang berupa konvensional maupun digital. Maka tak heran jika banyak perusahaan yang menggunakan metode absensi jenis ini. Pilihan dalam memilih absensi biometrik ini juga bermacam-macam. Tidak hanya berupa pada pembacaan sidik jari, namun absensi biometrik ini juga bisa diidentifikasi dengan anggota tubuh yang lain yang sifatnya unik dan tidak dimiliki oleh orang lain.

Apa Saja Yang Bisa Diidentifikasi Oleh Mesin Absensi Biometrik?

Mesin absensi biometrik setidaknya dapat mengenali beberapa anggota tubuh yang bersifat beda dengan anggota tubuh yang sejenis pada orang lain. Salah satu absensi biometrik yang telah cukup dikenal oleh orang secara luas adalah absensi biometrik yang menggunakan sidik jari. Waktu yang dibutuhkan untuk membaca sidik jari melalui mesin ini termasuk singkat dan memiliki kesuksesan identifikasi yang cukup tinggi. Lalu absensi biometrik yang kedua adalah menggunakan iris mata. Absensi biometrik melalui iris mata ini dilakukan menggunakan teknik pembacaan optik. Kekurangan yang dimiliki oleh absensi jenis ini adalah sulit dalam memasukkan data karena kedipan mata dan refleks menutup mata saat terkena cahaya yang terang. Selain itu, pemasangan absensi jenis ini juga tidak gampang karena harus disesuaikan dengan tinggi badan karyawan. Kemudian yang terakhir adalah absensi dengan pendeteksian wajah. Absensi jenis ini juga cukup rumit karena harus selalu mengganti basis data karyawan apabila wajah karyawan berubah seperti tumbuhnya jenggot atau kumis.

Selain jenis-jenis absensi biometrik di atas, ada juga absensi biometrik lain yang menggunakan telapak tangan dan suara. Bahkan saat ini juga terdapat absensi biometrik yang menggunakan dua identifikasi anggota badan sekaligus seperti sidik jari dan wajah yang tentunya dapat menambah tingkat  kesuksesan identifikasi. Namun, harga yang ditawarkan untuk mesin absensi jenis ini jelas lebih mahal daripada yang menggunakan satu identifikasi anggota tubuh.

Related posts:

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.