by

Pengertian Serta Fungsi Router Dalam Perangkat Jaringan Komputer

perangkat jaringan komputerPerangkat jaringan komputer dalam sebuah kantor merupakan jenis jaringan komputer yang terbuat dengan mempertimbangkan jangkauan luas yang ingin di capai oleh komputer server. Komputer server adalah sebuah komputer yang sudah terhubung ke beberapa komputer lainnya di mana di dalam komputer server sudah terdapat banyak sekali data yang sekiranya di butuhkan oleh kantor dan bisa di akses serta di transfer ke dalam komputer client kapan pun dan di mana pun dengan mudah dan cepat.

Pengertian dan Fungsi Router Dalam Perangkat Jaringan Komputer

Router memiliki peran yang sangat penting dalam cara kerja perangkat jaringan komputer. Router adalah sebuah perangkat keras yang terdapat dalam jaringan komputer yang di lengkapi oleh Network Operating System. Fungsi dari router ini sendiri sangatlah penting yaitu untuk menggabungkan antara satu segmen jaringan dengan segmen jaringan komputer yang lain sehingga beberapa jaringan dalam LAN menjadi lebih luas lagi.

Karena pentingnya peran yang di miliki oleh router ini maka ada beberapa hal yang harus di perhatikan dari router ini, di antaranya adalah :

  • Fungsi

Fungsi utama dari router adalah digunakan sebagai penghubung antara jaringan atau network, serta bertugas untuk menghubungkan beberapa jaringan kecil atau LEN menjadi sebuah jaringan yang jangkauannya lebih luas lagi. Router juga akan mencari dan mendapatkan informasi dari jaringan atau network yang akan di hubungkan.

  • Kriteria

Syarat utama dari sebuah router adalah memiliki minimal 2 buah interface atau lebih. Router bisa memiliki bentuk berupa perangkat keras khusus atau juga dalam bentuk PC. Router memiliki kelengkapan di antaranya beberapa komponen standar seperti yang ada di dalam PC seperti processor, RAM, serta mini harddisk.

  • Sistem operasi

Router juga membutuhkan sistem operasi yang merupakan sistem operasi khusus yang di desain untuk memenuhi kebutuhan jaringan khususnya untuk kepentingan routing. Sistem operasi router biasanya memiliki basis dasar berbentuk teks sehingga tidak memerlukan kapasitas memori yang besar. Router memiliki merk yang berbeda dalam artian beda merk router maka berbeda pula network operating system yang di gunakan. Demikian beberapa ulasan singkat tentang router dalam perangkat jaringan komputer.

Related posts: